Monday, 13 October 2025
Cirebon Bagus
  • Ciayumajakuning
    • Kabupaten Cirebon
    • Kota Cirebon
    • Indramayu
    • Kuningan
    • Majalengka
  • Ekonomi & Bisnis
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Nasional
  • Jawa Barat
  • Kesehatan
  • Ragam
  • Ciayumajakuning
    • Kabupaten Cirebon
    • Kota Cirebon
    • Indramayu
    • Kuningan
    • Majalengka
  • Ekonomi & Bisnis
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Nasional
  • Jawa Barat
  • Kesehatan
  • Ragam
No Result
View All Result
Cirebon Bagus
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi & Bisnis

KAI Group Layani 369 Juta Pelanggan: Kepercayaan Publik Menguat, Mobilitas dan Ekonomi Hijau Bergerak Maju

11 October 2025
Reading Time: 2 mins read

Sepanjang Januari hingga September 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Group melayani 369.002.910 pelanggan, naik 8,16 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 341.181.655 pelanggan. Kenaikan ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi rel terus menguat, seiring hadirnya layanan yang modern, terintegrasi, dan efisien energi.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa pertumbuhan ini lahir dari konsistensi seluruh insan KAI dalam menjaga kualitas pelayanan. “KAI terus berinovasi agar masyarakat mendapatkan pengalaman perjalanan yang efisien, nyaman, dan berkesan. Kami bersyukur kepercayaan publik terhadap KAI terus tumbuh seiring peningkatan layanan di seluruh lini,” ujar Anne.

ADVERTISEMENT

Mobilitas Publik yang Menggerakkan Kehidupan Kota

BACAJUGA

Terkesan Mendadak, Kajari dan Kasi Intel Cirebon Dipindah Tugas, di Tengah Penanganan Sejumlah Kasus Besar

SMPN 4 Sindang Raih Juara Umum Madya Kiraja Scout 2025, dan Borong Berbagai Kategori Juara

Ungkap Peredaran Narkotika dan OKT di Indramayu, Polisi Tangkap 20 Pengedar dan 1 Pengguna

Layanan kereta antarkota dan lokal mencatat 41,4 juta pelanggan, menunjukkan bahwa kereta masih menjadi pilihan utama perjalanan jarak menengah hingga jauh di Pulau Jawa dan Sumatra. Integrasi dengan moda perkotaan seperti KRL, MRT, LRT, dan Whoosh memperluas akses warga menuju pusat ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

LRT Jabodebek mencatat pertumbuhan tertinggi dengan 20,7 juta pelanggan, naik 41,74 persen dari tahun sebelumnya. “LRT Jabodebek kini menjadi tulang punggung baru mobilitas perkotaan karena efisiensi waktu tempuh dan konektivitasnya dengan moda lain,” jelas Anne.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, KAI Commuter mencatat 293,2 juta pelanggan, memperkuat perannya sebagai moda utama masyarakat di kawasan perkotaan. Adapun KAI Bandara melayani 5,19 juta pelanggan, LRT Sumsel sebanyak 3,38 juta pelanggan, KA Makassar–Parepare sebanyak 228 ribu pelanggan, dan KCIC Whoosh telah melayani 4,52 juta pelanggan.

Wisata dan Logistik Rel: Dua Penggerak Ekonomi Baru

ADVERTISEMENT

Selain mobilitas harian, sektor wisata berbasis rel tumbuh pesat. KAI Wisata melayani 166.645 pelanggan, naik 56,58 persen dari tahun lalu.

Layanan seperti Kereta Panoramic dan kereta wisata tematik menghadirkan cara baru menikmati perjalanan: santai, berkelas, dan dekat dengan alam.

Di sisi lain, layanan logistik berbasis rel juga semakin strategis. Melalui KAI Logistik, distribusi barang lintas pulau menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan mengurangi ketergantungan pada angkutan jalan dan membantu menekan emisi karbon nasional.

“Transportasi rel tidak hanya memindahkan orang, tapi juga menggerakkan barang dan peluang ekonomi dengan cara yang lebih hijau,” kata Anne.

Andal, Tepat Waktu, dan Ramah Lingkungan

Sepanjang Januari–September 2025, ketepatan waktu keberangkatan kereta mencapai 99,53 persen, dan ketepatan kedatangan 96,26 persen. Capaian ini mempertegas komitmen KAI Group menjaga keandalan layanan publik yang berstandar tinggi.

“Menjaga on time performance di atas 96 persen adalah bentuk tanggung jawab kami terhadap pelanggan. Kami memastikan setiap perjalanan berlangsung sesuai jadwal, aman, dan menyenangkan,” tegas Anne.

KAI Group: Menggerakkan Indonesia Menuju Mobilitas Berkelanjutan

Capaian ini menunjukkan bahwa transportasi berbasis rel bukan sekadar alat mobilitas, tetapi fondasi ekonomi hijau Indonesia. Dengan inovasi di bidang layanan, pariwisata, dan logistik, KAI Group berperan penting dalam menciptakan konektivitas nasional yang efisien dan rendah emisi.

“Kami ingin menjadikan KAI Group sebagai kebanggaan Indonesia, mitra mobilitas andalan di setiap perjalanan, serta pionir transportasi hijau untuk masa depan berkelanjutan,” tutup Anne.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES

ADVERTISEMENT

BERITATERKAIT

Nasional

Terkesan Mendadak, Kajari dan Kasi Intel Cirebon Dipindah Tugas, di Tengah Penanganan Sejumlah Kasus Besar

13 October 2025
Berita Utama

SMPN 4 Sindang Raih Juara Umum Madya Kiraja Scout 2025, dan Borong Berbagai Kategori Juara

13 October 2025
Berita Utama

Ungkap Peredaran Narkotika dan OKT di Indramayu, Polisi Tangkap 20 Pengedar dan 1 Pengguna

13 October 2025
Ekonomi & Bisnis

Perkuat Sinergi Dunia Pendidikan dan Industri, KAI Daop 1 Jakarta Terima Benchmarking Mahasiswa Pascasarjana UBL

13 October 2025
Nasional

Isu PPPK Paruh Waktu di Kota Cirebon Dinilai Berpotensi Bebani Anggaran Daerah

13 October 2025
Ekonomi & Bisnis

Middle Income Trap, Jebakan Pertumbuhan yang Harus Diwaspadai

13 October 2025
ADVERTISEMENT

BERITATERPOPULER

  • Rambutan di Gua Sunyaragi, Buah Kepedulian Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ayo Lihat! Jadwal dan Harga Tiket KRL Bogor ke Jakarta Kota Kamis 13 Februari 2025 Pagi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • bank bjb Jadi Mitra Strategis Pengembangan UMKM dalam Program KUMITRA 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar Dibuka Kembali, Ini Tata Tertib yang Perlu Masyarakat Taati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KAI Daop 8 Surabaya Lakukan Pengecekan Lintas untuk Wujudkan Keselamatan dan Pelayanan Prima

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
ADVERTISEMENT

BERITATERBARU

Terkesan Mendadak, Kajari dan Kasi Intel Cirebon Dipindah Tugas, di Tengah Penanganan Sejumlah Kasus Besar

13 October 2025

SMPN 4 Sindang Raih Juara Umum Madya Kiraja Scout 2025, dan Borong Berbagai Kategori Juara

13 October 2025

Ungkap Peredaran Narkotika dan OKT di Indramayu, Polisi Tangkap 20 Pengedar dan 1 Pengguna

13 October 2025

Perkuat Sinergi Dunia Pendidikan dan Industri, KAI Daop 1 Jakarta Terima Benchmarking Mahasiswa Pascasarjana UBL

13 October 2025

Isu PPPK Paruh Waktu di Kota Cirebon Dinilai Berpotensi Bebani Anggaran Daerah

13 October 2025
Cirebon Bagus

Kategori

  • Nasional
  • Jawa Barat
  • Ciayumajakuning
  • Ekonomi & Bisnis
  • Pendidikan
  • Hiburan
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Politik
  • Ragam

Informasi

  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Siber
  • Privacy Policy
  • Advertise
  • Karir
  • Contact

Jaringan Media

  • Sindikasi Indonesia

Copyright @ 2019 - 2023 CirebonBagus.id. All right reserved.

No Result
View All Result
  • Ciayumajakuning
    • Kota Cirebon
    • Kabupaten Cirebon
    • Indramayu
    • Kuningan
    • Majalengka
  • Ekonomi & Bisnis
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Nasional
  • Jawa Barat
  • Kesehatan
  • Ragam
  • Kampungku

Copyright @ 2019 - 2023 CirebonBagus.id. All right reserved.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist