CIREBON – Wujudkan pelayanan cepat, mudah dan transparan serta memberikan customer experience yang positif kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berinovasi dengan menghadirkan program layanan spesial bernama SOMEAH (Solid Melayani Peserta Sepenuh Hati) yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang.
“Layanan SOMEAH ini bertujuan untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat sehingga peserta dapat dilayani dengan baik serta optimal. Ini adalah bentuk kolaborasi antar bidang internal di Kantor Cabang dalam melayani seluruh peserta,” kata Kunto Wibowo, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa barat.
SOMEAH merupakan aktivitas layanan yang dilaksanakan setiap hari khususnya pada pagi hari ketika peserta mulai memadati ruang layanan. Karyawan back office yang sebelumnya tidak terlibat langsung dalam proses layanan, kini hadir untuk memastikan bahwa setiap peserta yang datang ke Kantor Cabang memperoleh informasi yang jelas, bantuan proses klaim dari petugas serta kebutuhan layanan lainnya dengan lebih mudah dan efisien, baik melalui kanal digital seperti JMO (Jamsostek Mobile), LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) online, JMO Mitra Unit Layanan maupun layanan onsite di Kantor Cabang.
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, Ahmad Feisal Santoso mengatakan, hadirnya SOMEAH merupakan bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk mengutamakan pelayanan yang humanis, efisien dan berfokus pada kepuasan peserta.
“Program ini menjadi langkah nyata institusi untuk terus berinovasi dan memastikan setiap peserta mendapatkan pengalaman layanan yang baik dari awal hingga akhir proses,” lanjut Feisal.
Layanan sepenuh hati ini dirasakan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon. Di antaranya Mifta Nudin, yang kali ini datang di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon untuk menanyakan informasi aktif kepesertaannya.
Mifta mengatakan, layanan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cirebon sangat baik, sabar dan cukup memuaskan. “Saya bermaksud menanyakan kepesertaan saya. Dan, tidak hanya informasi itu yang saya dapatkan, tapi juga cara mengetahuinya lewat aplikasi JMO. Saya dibimbing untuk membuka aplikasi JMO. Ini sangat menyenangkan,” ujar Miftah.
Hal senada juga diungkapkan Inwanto, peserta yang datang untuk klaim Jaminan Hari Tua (JHT) melalui Lapak Asik Onsite. “Layanan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cirebon cukup baik, urusan jadi lancar,” ucap Inwanto.
Feisal menuturkan, melalui keterlibatan karyawan lintas bidang, SOMEAH memberikan sejumlah manfaat nyata, antara lain mengurai antrian pada jam padat khususnya di pagi hari, mempercepat waktu tunggu di ruang layanan, mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap, serta menjaga proses layanan berlangsung lebih tertib, terarah dan nyaman bagi peserta.
BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen bahwa pelayanan prima bukan hanya tujuan, tetapi standar yang harus diwujudkan setiap hari. Melalui SOMEAH, semangat melayani dengan sepenuh hati diharapkan dapat dirasakan langsung oleh seluruh peserta di seluruh kantor cabang. (Arif/CIBA)




