CIREBON, (cirebonbagus.id).- Menanggapi viralnya keluhan yang diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Cirebon, Cicip Awaludin, terkait pelayanan di IGD, managemen RSD. Gunung Jati memberikan klarifikasi atas kejadian yang terjadi pada Hari Minggu (21/8/2022).
Keluhan tersebut diungkapan Cicip saat membawa ibu nya ke IGD pada Minggu Pukul. 15.56 WIB dan segera ditangani oleh perawat dan dokter jaga di IGD.
Namun, berdasarkan pengakuan Cicip, ibunya harus menunggu lama hingga 11 jam di IGD hingga akhirnya Cicip memutuskan untuk membawa ibunya pulang.
Saat dikonfirmasi terkait kejadian itu, Direktur RSD. Gunung Jati, dr. Katibi, membenarkan kejadian tersebut.
“Benar pada Hari Minggu tanggal 21 Agustus 2022 telah datang Nyonya A ke RSD. Gunung Jati untuk melakukan pelayanan di RSD. Gunung Jati,” ungkap dr. Katibi, Selasa (23/8/2022).
Menurut dr. Katibi, qsetelah pasien A diterima IGD, dokter jaga di IGD kemudian melakukan pemeriksaan kebutuhan pelayanan medis Nyonya. Setelah itu dokter jaga melakukan konsultasi ke dokter penanggungjawab pasien.
“Proses mulai dari datang Pukul. 15.56 menit sampai berakhirnya pelayanan atas pasien tersebut kurang lebih 11 jam seperti yang disampaikan media,” tuturnya.
Kemudian, dr. Katibi menambahkan pihaknya telah melakukan pendaftaran dan pemeriksaan terhadap pasien, kemudian pasien memutuskan untuk pulang Pukul 02.30 WIB.
“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan pengobatan atau kebutuhan pelayanan medisnya kepada RSD. Gunung Jati sehingga pada Hari Minggu kemarin jumlah kunjungan ke IGD mencapai 83 pasien,” ucapnya.
Terkait dengan tindakan yang akan diberikan terhadap dokter yang bersangkutan, pihaknya akan menunggu hasil audit dan tindaklanjutnya sesuai dengan kesalahan yang ditemukan.
Dengan adanya kejadian tersebut, menurut dr. Katibi, pihaknya akan melakukan perbaikan pelayanan baik di IGD maupun di seluruh pelayanan yang ada di RSD. Gunung Jati.
“Kami sudah menyampaikan kepada pasien dan keluarga, sekaligus sebagai bahan perbaikan,” katanya. (ROBI/CIBA)