CIREBONBAGUS.Id – Penerapan teknologi terus dilakukan Pemerintah Kota Cirebon dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat. Salah satu instansi yang menerapkan itu Dinas Komunikasi Informastika dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon yang mengembangkan command centre.
Fasilitas Command Center atau ruang kendali darurat untuk mengatasi segala permasalahan yang terjadi dengan cepat. Pelayanan pengaduan yang bersifat darurat itu sebenarnya sudah diresmikan Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH, Kamis (28/12). Azis mengatakan yang didukung teknologi ini cukup mampu memangkas proses birokrasi jika menghadapi keluhan publik.
“Saya senang DKIS mampu membuat terobosan sehingga terbangun command centre walaupun dengan keterbatasan biaya. Fasilitas ini juga memiliki fasilitas dan interior yang refresentatif,” ungkap Azis.
Azis menambahkan pihaknya meminta intansi lain mengikuti langkah DKIS untuk lebih kreatif dalam memecahkan masalah. Pembangunan command centre menjadi bukti nyata jika teknologi dapat melayani masyarakat secara baik.
Walikota Cirebon meresmikan command centre disaksikan Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi, sejumlah kepala Dinas/Badan dan lainnya. Azis mencoba melakukan video conference dengan Kepala Satpol PP, Andi Armawan yang bverada di kantornya, Jajaran Badan Keuangan Daerah (BKD), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) serta Kelurahan Harjamukti.
Tampak dalam video conference berlangsung baik dimana setiap instansi melaporkan kegiatan hariannya.
Sementara Kepala DKIS, Iing Daiman,SIP, Msi mengatakan command centre menyatukan berbagai program dinas/badan dalam melayani masyarakat. Selama ini masing-masing dinas yang menangani masalah darurat punya posko sendiri-sendiri. Dengan adanya command center, dinas-dinas tersebut akan disinergikan dalam satu ruangan untuk menerima laporan masyarakat dan memantau kondisi kota Cirebon.
“Command Center ini mata, telinga, kaki, tanganku. Jadi dari keluhan yang masuk segera dicarikan solusi dengan cepat. Semua keluhan dan pengaduan masyarakat tanpa pandang bulu dan meresponnya dengan ramah serta bijaksana,” ungkap Iing. (CB01)