CirebonBagus.Id: Layanan keuangan elektronik milik Telkomsel mengalami kendala teknis mengalami perubahan dari Tcash menjadi LinkAja.
CEO Tcash Danu Wicaksana menyatakan menunda proses konversi aplikasi demi kenyamanan pelanggan Telkomsel. Dia mengatakan, TCASH menunda proses konversi aplikasi mobile ke LinkAja dan mengembalikan ke aplikasi mobile semula.
“Pelanggan tetap dapat menggunakan layanan TCASH dengan normal, dimana akun dan saldo pelanggan dipastikan keamanannya,” kata dia.
Dia menjelaskan, sebelum proses migrasi, TCASH melakukan berbagai persiapan bisnis maupun teknis. Meski demikian team teknis kemudian menemukan masalah teknis dalam proses konversi update aplikasi mobile tersebut.
Akibatnya, pelanggan yang mengupdate/mengkonversi aplikasi mobile TCASH ke LinkAja menemui kendala untuk login. Kendala tersebut berimbas pada layanan-layanan yang berbasis aplikasi mobile.
Layanan lainnya masih berjalan normal tanpa gangguan seperti layanan pembayaran di berbagai merchant menggunakan NFC dan layanan isi saldo di mitra-mitra TCASH.
“Termasuk kanal-kanal ATM dan aplikasi elektronik dari Bank Himbara, layanan USSD (*800#) bagi pengguna ponsel non-smartphone, layanan web-check out seperti di Blanja.com dan aplikasi KAI Access,” kata dia.
Danu mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dalam pelayanan. Pelanggan dikembalikan ke aplikasi mobile TCASH, sehingga pelanggan tetap dapat menggunakan layanan TCASH seperti semula.
Sementara itu, dia menjamin akun dan saldo pelanggan dipastikan
keamanannya.
“Setelah menganalisa secara menyeluruh kami memutuskan untuk menunda proses migrasi aplikasi mobile hingga awal minggu depan,” ungkap Danu.
Dia mengatakan, pelanggan TCASH yang menggunakan ponsel berbasis Android akan mendapatkan SMS berisi petunjuk untuk mengupdate aplikasi mereka kembali ke aplikasi mobile TCASH sebelumnya.
“Untuk pelanggan berbasis iOS kami mohon maaf untuk beberapa hari
ke depan belum bisa menggunakan layanan aplikasi mobile TCASH,”
lanjut Danu.(CB03)